7 Des

ALAT LABORATORIUM SAWIT TERBARU BERKUALITAS

ALAT LABORATORIUM SAWIT TERBARU BERKUALITAS

Laboratorium Sawit – Dalam setiap bisnis apalagi yang berkaitan dengan bahan makanan, pastinya tidak pernah terlepas dari apa yang disebut dengan penganalisaan. Kegiatan penganalisaan tersebut dilakukan oleh sebuah tempat yang disebut dengan laboratorium. Dalam hal ini yang akan kita bahas adalah sebuah tanaman yang dalam pengolahannya menjadi sebuah bahan lain membutuhkan analisa, yaitu tanaman kelapa sawit.

 

ALAT LABORATORIUM SAWIT TERBARU BERKUALITASKegiatan analisa dalam sebuah laboratorium, dalam hal ini adalah Laboratorium Sawit merupakan faktor terpenting dalam menentukan keputusan-keputusan yang akan menentukan kesuksesan usaha perkebunan. Oleh karenanya hal ini tidak bisa dianggap sepele. Kebutuhan tanaman dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang dapat diprediksi dengan analisa yang tepat pada sebuah tempat yang disebut dengan laboratorium. Ada beberapa parameter yang bisa dijadikan patokan diantaranya, tanah, daun, pupuk organik, pupuk anorganik.

laboratorium sawitDalam sebuah perusahaan perkebunan yang mgiatannya jual benih kelapa sawit misalnya. Kegiatan seperti ini menjadi sarana penting yang menunjang pemasaran benihnya. Complain tentang tidak optimalnya pertumbuhan kecambah dari benih yang dipasarkan dapat di telusuri permasalahannya dari hasil analisa Laboratorium Sawit. Sehingga dapat diketahui unsur hara yang terkandung pada tanah tempat konsumen membudidayakan benih tersebut.

Fungsi Laboratorium Sawit

Tugas dan fungsi utama dari sebuah Laboratorium Sawit, selain pencatatan dan pelaporan adalah dapat Memeriksa kualitas CPO (Crude Palm Oil). Dan Kernel sehingga dapat dilakukan action pencegahan dan perbaikan oleh manajemen. Faktor – faktor pembentuk kulaitas CPO adalah faktor bahan baku, metode kerja,manusia, mesin, metode kerja, serta lingkungan kerja. Di mana faktor yang secara umum paling berpengaruh adalah bahan baku, metode kerja, serta manusia. Memonitor perubahan anaerobik dengan melakukan analisa rutin limbah (PME, Palm Mill Effluent).  Menghitung berapa banyak hasil produksi yang hilang (loses) selama proses. Menganalisa Raw water ( bahan baku air, yang pada umum nya diperoleh dari pembuatan waduk konvensional atau dari air sungai) dan Boiler water.

Membuat kesesuaian standar dari minyak hasil produksi dengan Spesifikasi Mutu CPO yang sudah ditentukan secara baku dan sudah berlaku secara umum pada banyak PKS. Serta harus memenuhi kriteria serta keinginan pembeli merupakan mutu yang dilihat dalam sebuah minyak Kelapa Sawit. Spesifikasi ini dapat juga ditentukan oleh produsen atau konsumen.

Ini merupakan slogan yang diterapkan hampir ke semua unit bisnis, tidak hanya untuk pabrik kelapa sawit. Oleh karena ini diperlukan pemantauan mutu dari segala hal yang berkaitan dengan proses bisnis dalam Pabrik Kelapa Sawit.
Fungsi ini dijalankan oleh sebuah Laboratorium Sawit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *