7 Des

EGREK ALAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

EGREK ALAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

egrek – Dalam dunia perkebunan kelapa sawit pastinya sudah tidak asing dengan berbagai macam alat yang digunakan untuk mengambil hasil panen (Alat Sawit). Antara lain Yaitu yang disebut dengan Dodos dengan berbagai ukuran. Lalu ada pula yang disebut dengan Egrek baik yang berukuran panjang maupun pendek. Kemudian alat sawit Kampak dengan spesifikasi Kampak Lurus dan Kampak Lengkung dan Kampak c/w handle, Tojok, Parang Panjang, Pisau Pinggang, Wangkil. Itu tadi merupakan mesin alat kelapa sawit yang wajib dimiliki oleh para petani sawit.

Baca juga Alat laboratorium sawit terbaru berkualitas

Semua alat Sawit yang ditawarkan pabrik-pabrik yang memproduksi Alat Sawit rata-rata terbuat dari bahan Spring Steel. Yang sangat berguna untuk memanen buah kelapa sawit dari pohon muda sampai denga pohon yang sudah tua.

EGREK

Berbicara mengenai salah satu alat sawit yang disebut dengan Egrek.  Alat pemanen sawit untuk pohon yang sudah tinggi minimal 3 meter.  Sedangakan untuk tanaman yg berumur kurang dari 7 thn cara panen menggunakan alat dodos yg lebar 10-72,5 cm. Dengan gagang pipa besi/tongkat kayu.

Fungsi dari alat sawit yang bernama Egrek sendiri selain untuk memanen buah sawit tetapi juga untuk memudahkan para petani untuk memotong pelepah – pelepah daun sawit yang sudah tua.  Alat ini terbuat dari baja karbon yang berkualitas tinggi, sangat tajam dan tidak mudah tumpul. Terdapat dua pilihan warna yakni putih (stanlees stell), dan hitam.

Semakin berkembangnya bisnis sawit menjadikan kebutuhan alat panen kian tinggi dari tahun ke tahun. Sebagai upaya peningkatan produktivitas diiringin dengan semakin berkurangnya SDM sekarang in. Banyak pabrik-pabrik yang menjual alat-alat untuk keperluan industri kelapa sawit, yang salah satunya yang disebut dengan Egrek.

Perlu diperhatikan dalam pemakaian yang benar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yaitu lewat penyambungan Egrek beserta galahnya harus sesuai prosedur. Perlu di pastikan juga pada waktu pemotongan pelepah sawit yang dilanjutan dengan pemotongan buah sawit  tidak akan jatuh menimpa sang pekerja. Tak hanya itu, pekebun perlu juga memerhatikan  pemakaian alat keselamatan kerja seperti safety shoes, jaket kerja, kacamata kerja, dan helm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *