13 Mar

Jual Pisau Dodos Berkualitas Dan Pastinya Bergaransi

Jual Pisau Dodos Berkualitas Dan Pastinya Bergaransi

Jual Pisau Dodos Berkualitas – Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil produksi dari kelapa sawit adalah dengan menggunakan alat-alat panen yang memiliki kualitas baik. sama halnya seperti alat mesin padi, Sawit pun membutuhkan alat panen agar hasil saweit bisa dipanen secara sempurna. Salah satu jenis alat pemanen sawit tersebut adalah pisau dodos. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai alat pemanen tersebut.

pisau dodos

Jenis Dan Fungsi Dodos

Dodos yang biasanya digunakan oleh petani sawit Indonesia memiliki ukuran  3”, 4”, dan 5”. Alat tersebut berfungsi sebagai alat pemanen sawit yang masih muda dengan ketinggian tanaman di bawah tiga meter. Jika tanaman sawit memiliki ketinggian di atas tiga meter, maka pemanenan harus dilakukan dengan menggunakan egrek. Selain itu, dodos juga digunakan untuk pruning atau pemangkasan pelepah kelapa sawit.

Penggunaan pisau dodos ini cukup mudah. Caranya yaitu mendodoskan pisau tersebut ke pelepah maupun tandan sawit yang akan Anda potong. Agar pemanenan sawit lebih cepat dan efisien, Anda sebaiknya menggunakan pisau dodos yang berkualitas baik.

baca juga Cara Menggunakan Alat Pemanen Sawit Egrek

Cara Melakukan Pruning Kelapa Sawit Dengan Dodos

Pruning atau pemangkasan merupakan suatu upaya untuk menghilangkan beberapa bagian dari tanaman sawit. Pada umumnya pruning dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan mempertahankan kondisi kesehatan dari tanaman sawit. Kebanyakan pemangkasan dilakukan saat tanaman masih berusia remaja. Hal ini dikarenakan pemotongan dalam ukuran kecil tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan tanaman sawit. Terlebih jika  tanaman yang dipangkas tersebut sudah dalam keadaan patah sebelumnya. Dengan demikian kerugian yang ditimbulkan tidak akan terlalu besar justru keuntunganlah yang akan Anda dapatkan.

Pemangkasan Kelapa Sawit Yang Masih Muda

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pemangkasan kelapa sawit yang masih muda dengan menggunakan dodos.

  • Siapkan dodos yang akan Anda gunakan untuk pemangkasan
  • Sebelum melakukan pruning, Anda harus mengasah kedua belah mata dodos terlebih dahulu dengan gerakan searah (jangan bolak-balik)
  • Sebaiknya menggunakan gagang dari pipa besi yang panjangnya disesuaikan dengan tinggi tanaman
  • Perhatikan gagang yang digunakan, usahakan gagang jangan terlalu berat agar tidak cepat kelelahan

Teknik Pemangkasan Kelapa Sawit Dengan Melatarbelakangi Pelepah

Pemangkasan pelepah kelapa sawit dapat dikerjakan dengan dua cara yaitu melatarbelakangi pelepah atau berhadapan dengan arah pelepah. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan pemangkasan melatarbelakangi pelepah. Pemangkasan searah dengan pelepah kelapa sawit kurang menguntungkan bagi Anda. Hal ini dikarenakan pemangkasan dengan teknik tersebut biasanya pelepah banyak yang rusak, kurang mepet, potongan terlalu panjang, dan membahayakan bagi Anda terkena duri dari pelepah tersebut. Nah, hal-hal tersebut dapat Anda hindari dengan melakukan pemangkasan melatarbelakangi pelepah.

Berikut cara pruning melatarbelakangi pelepah dengan menggunakan dodos.

  • Atur posisi tubuh
  • Pandang bidang pelepah dua tingkat di atas pelepah yang akan Anda potong (pandangan mata dengan bidang membentuk sudut 90 derajat
  • Atur mata pisau alat pemanen sawit dodos membentuk sudut 75 sampai 85 derajat jika spiral kanan ke kiri dan 110 sampai 125 derajat jika spiral kiri ke kanan
  • Ayunkan gagang dodos dengan hanya menggerakkan siku-siku tangan dan badan jangan ikut mendorong

Cara Panen Kelapa Sawit Yang Tepat

Pohon kelapa sawit akan menghasilkan buah yang menggerombol pada tandan. Nah, ketika panen, bagian tandan tersebutlah yang nantinya akan dipotong. Selain itu, Anda juga harus memotong pelepah di sekitar buah kelapa sawit yang akan dipanen tersebut.

Pada umumnya pemanenan kelapa sawit pertama dilakukan saat pohon tersebut menginjak usia tiga tahun. Namun, ada juga pohon kelapa sawit yang masih berumur dua setengah tahun tetapi buahnya sudah matang. Biasanya, buah kelapa sawit akan matang setelah enam bulan sejak buah pohon kelapa sawit tersebut muncul.

Berikut cara panen sawit menggunakan dodos.

  • Siapkan peralatan yang akan Anda perlukan untuk panen
  • Potonglah pelepah daun kelapa sawit yang menyangga buah yang akan Anda panen
  • Susunlah pelepah daun yang telah Anda pangkas dengan rapi di bagian tengah gawangan
  • Ambillah tandan buah kelapa sawit dengan menggunakan dodos dan usahakan pemotongan tersebut tidak melebihi 2 cm dari bagian pangkal
  • Letakkan tandan buah kelapa sawit pada piringan
  • Tandai penebang dengan menggunakan nomor
  • Tumpuklah pelepah daun yang sebelumnya dipotong dengan rapi

Kami juga menyediakan berbagai macam alat dan juga mesin untuk kebutuhan yang lain seperti alat pertanian, alat laboratorium, alat dan mesin marka jalan, mesin kopi, alat pertambangan, lemari asam, alat dan mesin untuk rumah potong hewan dan rumah potong ayam, mesin pembuat bakso, Furniture Lab dan juga alat- alat olahraga.Tambahan info saja jika anda memiliki usaha kue segera dapatkan oven kue yang berkualitas. Sekedar info saja jika anda bingung mencari yang jual senapan untuk berburu? silahkkan klik link di tautan tersebut. Untuk mendapatkan info harga seputar senapan.


28 Feb

Cara Menggunakan Alat Pemanen Sawit Egrek

Cara Menggunakan Alat Pemanen Sawit Egrek

Alat Pemanen Sawit EgrekBisnis sawit berkembang semakin pesat sehingga kebutuhan akan alat panen semakin tinggi dari tahun ke tahun. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak pabrik yang menjual alat-alat kebutuhan untuk keberlangsungan industri kelapa sawit tersebut.  Agar hasil olahan maksimal, selain penggunaan mesin pengolah yang bagus seperti mesin pengolahan kakao. Maka proses panen pun tidak boleh sembarangan. Apalagi untuk sawit yang tinggi, diperlukan alat pemanen yang di namanakan Egrek.

Alat Pemanen Sawit Egrek

Fungsi Egrek

Egrek digunakan untuk memanen sawit yang memiliki ketinggian di atas tiga meter. Sedangkan untuk tanaman sawit yang memiliki ketinggian di bawa tiga meter biasanya menggunakan alat yang bernama dodos. Selain berfungsi untuk memanen sawit, egrek juga digunakan oleh para petani sawit untuk memotong pelepah-pelepah daun sawit yang telah tua. Bahan pembuatan egrek menggunakan baja karbon yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah tumpul dan sangat tajam.

Macam-Macam Egrek

Pada umumnya alat pemanen sawit egrek dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Junior, untuk tanaman dengan ketinggian antara 4 meter sampai 8 meter.
  • Standard, untuk tanaman sawit dengan ketinggian 8 meter sampai empat belas meter.
  • Long, untuk memanen sawit dengan ketinggian tanaman di atas 14 meter.

Sedangkan, jika dilihat dari gradenya, pisau egrek dibagi menjadi putih, hitam, dan premium grade.

Baca juga Jual Pisau Dodos Berkualitas Dan Pastinya Bergaransi

Cara Perawatan Alat Pemanen Sawit Egrek

Perawatan alat ini meliputi kebersihan, pengasahan, dan penyimpanan pada sarungnya. Pengasahannya dapat dilakukan dengan menggunakan batu asah kasar grade 80. Selain itu, bisa juga menggunakan batu asah halus. Cara mengasahnya pun tidak boleh sembarangan harus menggunakan keterampilan khusus. Sedangkan sebelum penyimpanan, egrek harus terlebih dahulu dicuci sampai bersih lalu diminyaki dengan menggunakan buah sawit. Setelah itu, Anda dapat memasukkan egrek tersebut ke dalam sarung.

Hal yang biasanya diabaikan oleh petani adalah pengasahannya. Padahal egrek yang tidak diasah dapat berpengaruh terhadap kinerja pemanenan karena kurang tajam. Selain itu, alat pemanen sawit egrek tersebut juga menjadi kurang awet.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penggunaan Egrek

Pemanenan sawit menggunakan egrek tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam rangka melindungi keselamatan Anda dalam bekerja. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah penyambungan egrek dengan galahnya harus sesuai prosedur. Selain itu, saat pemanenan Anda juga harus memastikan bahwa potongan pelepah dan tandan buah tidak akan jatuh menimpa Anda. Nah, hal yang paling penting adalah Anda harus memperhatikan pemakaian alat keselamatan kerja yang meliputi jaket kerja, safety shoes, helm, dan kacamata kerja. Tampaknya hal-hal tersebut sepele namun keselamatan Anda bergantung pada hal-hal tersebut.

Cara Memanen Kelapa Sawit Dengan Egrek

Pada umumnya pemanenan sawit berdasarkan ketinggiannya ada dua cara. Jika kelapa sawit memiliki ketinggian kurang dari tiga meter, cara pemanenannya dapat menggunakan dodos. Namun, jika tanaman melebihi 3 meter, biasanya pemanenan dilakukan dengan menggunakan egrek.

Berikut langkah-langkah pemanenan kelapa sawit menggunakan egrek.

  1. Pilih Tandan Sawit

Pilihlah tandan sawit yang telah matang dengan kriteria 12,5 – 25 persen buah memberondol, 25-75 persen buah kurang matang, dan sisanya buah matang.

  1. Potong Pelepah Daun

Jika sudah memastikan tandan buah yang matang, langkah berikutnya yaitu memotong pelepah daun. Pelepah daun yang dimaksudkan di sini adalah pelepah daun yang menyangga buah dan tandannya dengan menggunakan egrek tepat di bagian pangkalnya.

  1. Beri Keterangan

Untuk memudahkan pemantauan, Anda dapat memberikan keterangan pada bekas potongan tandan tadi berupa tanggal panen.

  1. Kumpulkan Pelepah Daun

Jika pelepah daun sudah dipotong, Anda dapat mengumpulkan serta menelengkupkannya di gawangan agar tidak berserakan. Hal ini penting karena pelepah daun yang berserakan dapat memicu berkembangnya penyakit dan juga hama yang dapat menyerang kelapa sawit Anda.

  1. Pengangkutan

Nah, jika sudah selesai memanen buah yang matang, Anda dapat mengangkutnya menggunakan gerobak ke tempat pengumpulan. Selanjutnya, Anda dapat membawanya ke pabrik menggunakan mobil bak terbuka. Tambahan info saja gunakan oven gas untuk melakukan aktivas memasak anda. Hanya info sekilas bila anda gemar berburu segera gunakan senapan angin berkualitas. Agar anda tepat sasaran saat menembak.


7 Des

EGREK ALAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

EGREK ALAT PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

egrek – Dalam dunia perkebunan kelapa sawit pastinya sudah tidak asing dengan berbagai macam alat yang digunakan untuk mengambil hasil panen (Alat Sawit). Antara lain Yaitu yang disebut dengan Dodos dengan berbagai ukuran. Lalu ada pula yang disebut dengan Egrek baik yang berukuran panjang maupun pendek. Kemudian alat sawit Kampak dengan spesifikasi Kampak Lurus dan Kampak Lengkung dan Kampak c/w handle, Tojok, Parang Panjang, Pisau Pinggang, Wangkil. Itu tadi merupakan mesin alat kelapa sawit yang wajib dimiliki oleh para petani sawit.

Baca juga Alat laboratorium sawit terbaru berkualitas

Semua alat Sawit yang ditawarkan pabrik-pabrik yang memproduksi Alat Sawit rata-rata terbuat dari bahan Spring Steel. Yang sangat berguna untuk memanen buah kelapa sawit dari pohon muda sampai denga pohon yang sudah tua.

EGREK

Berbicara mengenai salah satu alat sawit yang disebut dengan Egrek.  Alat pemanen sawit untuk pohon yang sudah tinggi minimal 3 meter.  Sedangakan untuk tanaman yg berumur kurang dari 7 thn cara panen menggunakan alat dodos yg lebar 10-72,5 cm. Dengan gagang pipa besi/tongkat kayu.

Fungsi dari alat sawit yang bernama Egrek sendiri selain untuk memanen buah sawit tetapi juga untuk memudahkan para petani untuk memotong pelepah – pelepah daun sawit yang sudah tua.  Alat ini terbuat dari baja karbon yang berkualitas tinggi, sangat tajam dan tidak mudah tumpul. Terdapat dua pilihan warna yakni putih (stanlees stell), dan hitam.

Semakin berkembangnya bisnis sawit menjadikan kebutuhan alat panen kian tinggi dari tahun ke tahun. Sebagai upaya peningkatan produktivitas diiringin dengan semakin berkurangnya SDM sekarang in. Banyak pabrik-pabrik yang menjual alat-alat untuk keperluan industri kelapa sawit, yang salah satunya yang disebut dengan Egrek.

Perlu diperhatikan dalam pemakaian yang benar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yaitu lewat penyambungan Egrek beserta galahnya harus sesuai prosedur. Perlu di pastikan juga pada waktu pemotongan pelepah sawit yang dilanjutan dengan pemotongan buah sawit  tidak akan jatuh menimpa sang pekerja. Tak hanya itu, pekebun perlu juga memerhatikan  pemakaian alat keselamatan kerja seperti safety shoes, jaket kerja, kacamata kerja, dan helm. kami juga menyediakan berbagai macam alat dan juga mesin untuk kebutuhan yang lain seperti mesin pertanian, alat lab, alat dan Preheater, mesin kopi, mesin pertambangan, alat sawit, alat dan mesin untuk Slaughterhouse dan Plucker, mesin  bakso, Furniture Lab dan juga alat ring basket. Apabila anda berminat segera hubungi kami. Sekedar info tambahan saja bila anda memiliki hobi berburu segera dapatkan senapan terbaru dengan harga senapan kopetitif tentunya.