13 Mar

Jual Pisau Dodos Berkualitas Dan Pastinya Bergaransi

Jual Pisau Dodos Berkualitas Dan Pastinya Bergaransi

Jual Pisau Dodos Berkualitas – Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil produksi dari kelapa sawit adalah dengan menggunakan alat-alat panen yang memiliki kualitas baik. sama halnya seperti alat mesin padi, Sawit pun membutuhkan alat panen agar hasil saweit bisa dipanen secara sempurna. Salah satu jenis alat pemanen sawit tersebut adalah pisau dodos. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai alat pemanen tersebut.

pisau dodos

Jenis Dan Fungsi Dodos

Dodos yang biasanya digunakan oleh petani sawit Indonesia memiliki ukuran  3”, 4”, dan 5”. Alat tersebut berfungsi sebagai alat pemanen sawit yang masih muda dengan ketinggian tanaman di bawah tiga meter. Jika tanaman sawit memiliki ketinggian di atas tiga meter, maka pemanenan harus dilakukan dengan menggunakan egrek. Selain itu, dodos juga digunakan untuk pruning atau pemangkasan pelepah kelapa sawit.

Penggunaan pisau dodos ini cukup mudah. Caranya yaitu mendodoskan pisau tersebut ke pelepah maupun tandan sawit yang akan Anda potong. Agar pemanenan sawit lebih cepat dan efisien, Anda sebaiknya menggunakan pisau dodos yang berkualitas baik.

baca juga Cara Menggunakan Alat Pemanen Sawit Egrek

Cara Melakukan Pruning Kelapa Sawit Dengan Dodos

Pruning atau pemangkasan merupakan suatu upaya untuk menghilangkan beberapa bagian dari tanaman sawit. Pada umumnya pruning dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan mempertahankan kondisi kesehatan dari tanaman sawit. Kebanyakan pemangkasan dilakukan saat tanaman masih berusia remaja. Hal ini dikarenakan pemotongan dalam ukuran kecil tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan tanaman sawit. Terlebih jika  tanaman yang dipangkas tersebut sudah dalam keadaan patah sebelumnya. Dengan demikian kerugian yang ditimbulkan tidak akan terlalu besar justru keuntunganlah yang akan Anda dapatkan.

Pemangkasan Kelapa Sawit Yang Masih Muda

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pemangkasan kelapa sawit yang masih muda dengan menggunakan dodos.

  • Siapkan dodos yang akan Anda gunakan untuk pemangkasan
  • Sebelum melakukan pruning, Anda harus mengasah kedua belah mata dodos terlebih dahulu dengan gerakan searah (jangan bolak-balik)
  • Sebaiknya menggunakan gagang dari pipa besi yang panjangnya disesuaikan dengan tinggi tanaman
  • Perhatikan gagang yang digunakan, usahakan gagang jangan terlalu berat agar tidak cepat kelelahan

Teknik Pemangkasan Kelapa Sawit Dengan Melatarbelakangi Pelepah

Pemangkasan pelepah kelapa sawit dapat dikerjakan dengan dua cara yaitu melatarbelakangi pelepah atau berhadapan dengan arah pelepah. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan pemangkasan melatarbelakangi pelepah. Pemangkasan searah dengan pelepah kelapa sawit kurang menguntungkan bagi Anda. Hal ini dikarenakan pemangkasan dengan teknik tersebut biasanya pelepah banyak yang rusak, kurang mepet, potongan terlalu panjang, dan membahayakan bagi Anda terkena duri dari pelepah tersebut. Nah, hal-hal tersebut dapat Anda hindari dengan melakukan pemangkasan melatarbelakangi pelepah.

Berikut cara pruning melatarbelakangi pelepah dengan menggunakan dodos.

  • Atur posisi tubuh
  • Pandang bidang pelepah dua tingkat di atas pelepah yang akan Anda potong (pandangan mata dengan bidang membentuk sudut 90 derajat
  • Atur mata pisau alat pemanen sawit dodos membentuk sudut 75 sampai 85 derajat jika spiral kanan ke kiri dan 110 sampai 125 derajat jika spiral kiri ke kanan
  • Ayunkan gagang dodos dengan hanya menggerakkan siku-siku tangan dan badan jangan ikut mendorong

Cara Panen Kelapa Sawit Yang Tepat

Pohon kelapa sawit akan menghasilkan buah yang menggerombol pada tandan. Nah, ketika panen, bagian tandan tersebutlah yang nantinya akan dipotong. Selain itu, Anda juga harus memotong pelepah di sekitar buah kelapa sawit yang akan dipanen tersebut.

Pada umumnya pemanenan kelapa sawit pertama dilakukan saat pohon tersebut menginjak usia tiga tahun. Namun, ada juga pohon kelapa sawit yang masih berumur dua setengah tahun tetapi buahnya sudah matang. Biasanya, buah kelapa sawit akan matang setelah enam bulan sejak buah pohon kelapa sawit tersebut muncul.

Berikut cara panen sawit menggunakan dodos.

  • Siapkan peralatan yang akan Anda perlukan untuk panen
  • Potonglah pelepah daun kelapa sawit yang menyangga buah yang akan Anda panen
  • Susunlah pelepah daun yang telah Anda pangkas dengan rapi di bagian tengah gawangan
  • Ambillah tandan buah kelapa sawit dengan menggunakan dodos dan usahakan pemotongan tersebut tidak melebihi 2 cm dari bagian pangkal
  • Letakkan tandan buah kelapa sawit pada piringan
  • Tandai penebang dengan menggunakan nomor
  • Tumpuklah pelepah daun yang sebelumnya dipotong dengan rapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *